Mengapa Harus Kurang Percaya Diri?


Bagi sebagian orang mendapatkan tugas untuk mempresentasikan atau menunjukkan suatu atraksi adalah mimpi buruk yang harus dialaminya baik itu mau atau tak mau, sengaja atau tidak disengaja, terpaksa atau bahkan dengan keinginannya sendiri.

Kurang PD atau percaya diri adalah problem dari beberapa orang didunia ini saat hendak melakukan sesuatu yang pada dominannya dilakukan didepan khalayak ramai . Kurang percaya diri juga sering dialami oleh individu-individu yang sudah keseringan untuk menunjukkan sesuatu di depan umum. Menurut teori yang saya lihat dan rasakan selama saya merasa grogi adalah dimana saya merasa bahwa ketika hendak mempresentasikan sebuah tugas sekolah atau bahan perlombaan dan menunujukkan atraksi bakat didepan umum adalah yang pertama rasa takut dan khawatir dengan sebab sesuatu yang akan saya  tunjukkan untuk umum nantinya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan atau takut dengan sebab tidak bisa menampilkan yang terbaik sehingga timbullah rasa grogi atau kurang PD. Yang kedua takut dengan sebab penampilan saya jauh lebih buruk dengan peserta lain yang lebih berpotensi sehingga datang lah sesuatu yang membuat perut mulas.

Berbicara tentang mengapa saat kita grogi terjadinya mulas atau sakit perut??? Nah, disini saya akan membahasnya. Saat tubuh mengalami stres, gugup atau panik, maka proses pencernaan akan melambat atau berhenti sama sekali. Sehingga tubuh dapat memfokuskan seluruh energi internal untuk menghadapi ancaman atau gangguan psikologis tersebut. Gangguan proses pencernaan inilah yang menyebabkan timbulnya sakit perut. Identifikasi penyebab sakit perut ini akan dikenal dengan nama perut gugup (nervous stomach). Nervous stomach adalah sumber dari adanya gangguan pada perut yang bisa disebabkan oleh stres atau gugup.

Untuk menghilangkan gejala-gejala gugup atau grogi atau kurang PD, kali ini saya ingin membagi tips seputar gejala tersebuat yang selama ini saya dapat dan mempraktikkannya langsung yang saya klaim dengan cara ini gugup bakal wes sewes sewes ilang gugupne... Dijamin manjur, dan tipsnya adalah sebagai berikut:

1. Bicaralah dengan perlahan

Disaat saya akan mempresentasikan sebuah pembahasan yang tentunya tanpa melihat teks adalah dengan berbicara secara perlahan. Karena disaat grogi seseorang pasti ingin cepat-cepat selesai dalam melakukan prsentasi apalagi tanpa teks yang mengharuskan kita merangkai ulang kata-kata yang telah kita hafal atau baca sebelumnya. Nah, itu adalah kesalahan MEGA BIG karena disaat kita terburu-buru dalam melafalkan sesuatu yang sedang dipresentasikan akan membuat kata-kata kita menjadi tersendat-sendat dan pada akhirnya jika semuanya sudah blank maka mau tak mau kita pasti akan melakukan perjedaan selama beberapa saat sebelum kembali berbicara lagi.
Jadi berbicara lah secara lembut dan trenang agar pembahasan yang disampaikan terkontrol tanpa harus terjadi hal yang tidak diinginkan. Gak banget kan?

2. Melafalkan Tongue Twister Sebelum Tampil

Selama saya belajar bahasa Inggris dibangku Sekolah SMAN 1 Peureulak saya baru mengenal bagaimana cara menghilangkan gugup dengan hal yang menyenangkan. Yups, caranya dengan melafalkan tongue twister sebelum tampil didepan umum. Hal ini saya rasa ampuh karena otak telah memanipulasi kita agar fokus kepada lidah untuk lancar melafalkannyua sehingga otak tak lagi terfokus pada gugup. Cara ini telah diajari saat saya berada di kelas XI oleh Miss Suzana tercinta "my favorite teacher". Thanks Miss Suzana. Dan berikut ini adalah teks daripada Tongue Twister


I slit the sheet,
The sheet I slit
and on the slitted sheet I sit.
Sister Suzie's sewing socks for soldiers
Sock for soldiers sister Suzie sews,
If sister Suzie's sewing socks for soldiers,
Where're the socks for soldiers sister Suzie sews?
Sarah, Sarah, sits in her Chevy;
When she shifts she sips her Schlitz,
and when she sips her Schlitz she shifts.

Betty Botter bought a bit of butter. "But," she said, "this butter's bitter!
If I put it in my batter, it will make my batter bitter!"
So she bought a bit of butter better than her bitter butter,
And she put it in her batter, and her batter was not bitter.
So 'twas better Betty Botter bought a bit of better butter.

A canner can can anything that he can,
But a canner can't can a can, can he?

A certain young fellow named Beebee
Wished to marry a lady named Phoebe
"But," he said. "I must see
What the minister's fee be
Before Phoebe be Phoebe Beebee"

To sit in solemn silence on a dull dark dock
In a pestilential prison with a lifelong lock
Awaiting the sensation of a short sharp shock
From a cheap and chippy chopper on a big black block.

How much wood would a woodchuck chuck
If a woodchuck would chuck wood?
A woodchuck would chuck all the wood he could chuck
If a woodchuck would chuck wood.

How much Zen would a Zen master master
If Zen master could master all the Zen?
A Zen master would master all the Zen he could master
If a Zen master should master all the Zen

One smart fellow, he felt smart
Two smart fellows, they felt smart
Three smart fellows, they all felt smart

Peter Piper picked a peck of pickled peppers.
A peck of pickled peppers Peter Piper picked.
If Peter Piper picked a peck of pickled peppers
How many pickled peppers did Peter Piper pick?

A tutor who tooted the flute
Tried to tutor two tooters to toot
Said the two to the tutor
"Is it tougher to toot
Or to tutor two tooters to toot?"

A mother to her son did utter
"Go, my son, and shut the shutter"
"The shutter's shut" the son did utter
"I cannot shut it any shutter!"

3. Berdoa Sebelum Tampil

Berdoa tentunya sudah menjadi rahasia umum bagi seluruh orang didunia dalam mengatasi masalah. Menurut kepercayaan masing-masing pasti kebanyakan orang selalu berdoa sebelum melakukan penampilan yang akan disuguhkan untuk orang banyak. Langkah ini membantu anda untuk mundur sesaat dari situasi yang serba cepat dan mencari bantuan dari Yang Maha Kuasa. Berikut adalah sebuah contoh doa, namun anda bisa menulis hal serupa yang sesuai dengan agama atau kepercayaan anda:
 “Ya Tuhan, terima kasih karena Kau telah mencintai dan menerimaku apa adanya.. bantulah aku untuk melakukan hal yang sama.. dan bantulah aku untuk tumbuh menjadi sesuai dengan kehendakMu sehingga rasa percaya diriku akan bertambah; semuanya demi keagungan namaMu dan bukan namaku. Terima kasih karena Engkau telah mendengarkan dan menjawab doaku. Amin.” Selanjutnya terserah Anda mau melanjutkan doa dengan beberapa surat yang ada pada Al-Qur'an (bagi yang muslim)

4. Tataplah Mata Lawan Bicara dan Jangan Sesekali Menatap Mata Juri Yang Bertugas Menilai

tataplah mata semua orang di dalam ruangan. Berikan senyum anda dan dapat dipastikan mereka akan membalas senyuman anda; dan senyum yang diberikan orang lain dapat meningkatkan rasa percaya diri anda dengan cepat. Sama halnya dengan tersenyum, kontak mata menunjukkan bahwa anda percaya diri. Menatap sepatu anda atau meja mendorong perasaan anda menjadi ragu-ragu dan malu. Tips ini sangat berguna untuk situasi kerja; buatlah kontak mata dengan orang yang mewawancarai anda, atau orang-orang yang menghadiri presentasi anda. Jadi intinya jika kita menatap mata lawan bicara kita akan memberikan kita pengambaran dari ekspresi yang terpancar dari wajah mereka, jika kita terlihat bvaik maka mereka pastinya akan tersenyum dan sebaliknya. Dari situ kita anda bisa belajar bahwa jika mereka kurang suka dengan penampilan kita, tentunya kita akan merubah cara kita beratraksi sehinggan membuat mereka merasa senang dengan apa yang anda sampaikan.
Lain halnya jika kita menatap mata juri, karen juri pastinya memberikan nilai yang akurat yang tak bisa kita reka-reka atau di duga. Selain itu mata juri yang biasanya diisukan oleh orang-orang memiliki tatapan yang tajam dan membunuh. Karena biasanya juri ketika menilai selalu gemar memasang muka dengan ekspresi yang datar. Sehingga kesannya berbeda dan membuat anda semakin gugup.


5. Tersenyum
Tersenyum merupakan tips 1 detik jika anda merasa gugup dan tidak percaya diri. Anda tidak hanya tersenyum jika anda merasa senang dan percaya diri, sebaliknya anda bisa tersenyum untuk membuat diri anda merasa lebih baik. Tersenyum berhubungan erat dengan perasaan positif sehingga hampir tidak mungkin anda merasa tidak enak ketika anda tersenyum.
Tersenyum lebih dari sekedar menunjukkan ekspresi pada wajah anda. Tersenyum melepaskan hormon endorphin yang membuat anda merasa lebih baik, meningkatkan sirkulasi darah di wajah anda, membuat anda merasa nyaman dengan diri anda sendiri dan tentunya dapat meningkatkan rasa percaya diri anda. Anda juga akan tampak lebih percaya diri di hadapan orang lain ketika anda tersenyum.
Diberdayakan oleh Blogger.