Pemuda Globalisasi Dalam Menghadapi Dan Menjawab Tantangan Masa Depan



Berbicara tentang masa depan pasti yang kita bayangkan adalah semuanya serba canggih bahkan pekerjaan yang sulit bisa menjadi mudah ,pekerjaan yang mustahil mungkin bisa jadi nyata .Pemuda sekarang kemungkinan tidak harus bersusah fikir untuk menjalani pekerjaan yang bebannya lumayan besar dimasa depan karena faktor tersebut ,maka dari itu pemuda sekarang banyak yang menyepelekan soal masa depan ,mereka tidak berfikir apa yang membuat kecanggihan itu terjadi ,siapa lagi yang membuatnya kalau bukan generasi muda sekarang .Apakah kita harus menunggu anugerah dari Tuhan ?Maka dari itu kita (Pemuda Indonesia)harus banyak belajar dan terus belajar serta memanfaatkan fasilitas era globalisasi untuk menuju ke era selanjutnya yang lebih baik supaya tidak di anggap remeh oleh orang asing yang jauh lebih genius .

Negara Indonesia adalah negara yang masuk kategori meniru banyak budaya asing yang terdiri dari budaya berpakaian ,budaya kuliner ,budaya bertata sikap ,budaya bersosialisasi ,bahkan budaya musik terutama dikalangan remaja dan pemuda .Saya sempat termenung dan berfikir bagaimana caranya supaya orang asing yang meniru kebudayaan kita dengan cara saya sendiri walau dengan apapun caranya yang penting bisa .Tapi apa yang bisa saya lakukan ,saya hanya seorang siswa SMA yang masih mengharap banyak pada guru saya ,untuk dapat menjadi seorang motivator dan inspirator saja saya masih canggung saat menjadi pemateri seminar organisasi saya ,lahh boro-boro bisa menjadi inspirator dunia untuk bisa membuat negara lain mengikuti arus budaya Indonesia .

Kembali ke persoalan , “Generasi Muda Indonesia Menjawab Tantangan Masa Depan” berbicara soal pemuda yang kita lihat sekarang mungkin kita ragu dengan masa depan bahkan saya sendiri juga begitu .Banyak pemuda yang sekarang ini terjerumus ke sikap menyimpang bahkan tidak tanggung-tanggung mereka langsung memberanikan diri untuk masuk ke penyimpangan primer(berat) yaitu yang berupa narkoba ,sex bebas ,geng motor yang sedang Trending Topic saat ini,penyelecehan seksual ,bahkan mereka berani untuk mengambil milik orang lain tanpa izin yang bisa meresahkan banyak orang .
Permasalah banyak terjadi dimana-mana tanpa dianggap beban oleh pelakunya .Korupsi dimana-mana ,penyimpangan banyak terjadi dibanyak belahan sudut negeri ,sungguh memprihatinkan .Saya senang terlahir di bumi asri Indonesia yang kaya yang bisa buat bangga bangsanya ,di lain sisi juga saya merasa malu terlahir di Indonesia karena sikap negative pemuda bangsa yang merajalela dan berlomba-lomba dalam melakukan penyimpangan .Apakah teman sekalian merasakan apa yang saya rasakan ?Apakah kalian malu ?.

Dalam sebuah seminar yang pernah dipimpin oleh senior saya dia berkata “Wahai sahabat semua apakah kalian rela membunuh anak cucu kalian yang akan datang secara perlahan dengan apa yang kalian perlakukan saat ini ,relakah kalian membuat hina manusia tak berdosa dengan AIDS/HIV ?” .Dengan ucapan seperti itu saja bisa membuat generasi kita lebih baik kalau memang kita mau mengamalkannya .

Kita pemuda bangsa yang masih berstatus siswa /i dan mahasiswa/I mungkin masih punya banyak persiapan untuk memperbaiki masa depan selama kita rajin belajar ,taat kepada peraturan skolah maupun peraturan lingkungan ,taat kepada Tuhan dan terus berusaha dan berdoa untuk yang terbaik bagi negeri kita di masa depan .Teruslah belajar ,jadilah yang terbaik dimasa sekarang dan dimasa depan karena masa depan adalah teman kita untuk menjalani hidup di masa yang akan datang .
Hidup ini tidak luput dari yang namanya tantangan ,mau tak mau kita harus dan akan menghadapinya ,maka persiapkan diri untuk mengahadapinya dengan jiwa yang kuat ,pemikiran yang dewasa supaya masa depan kita cemerlang .Siapa yang mau generasi kita hancur ?mungkin semua akan menjawab tidak mau termasuk saya .Pesan saya terus belajar ,karena belajar adalah sarana untuk bisa menguncang dunia ,terutama membaca buku yang bersifat positif ,inspiratif ,dan motivativ .

Banyak yang bilang “Aku adalah bangsa Indonesia ,maka itu aku dituntut untuk mencintai Indonesia “tapi saya menentang perkataan itu karena kita tidak perlu dituntut atau menuntut diri untuk bisa mencintai Indonesia karena itu adalah kewajiban kita .Mungkin ini adalah jawaban saya dalam menjawab tantangan mas depan walau masih ada sedikit keraguan akan masa yang akan datang dengan apa yang kita lihat saat ini .Jadi intinya teruslah belajar untuk berusaha menjadikan Indonesia yang lebih baik .Salam pemuda bangsa !!!Salam Indonesia !!!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.